Kamis, 10 Agustus 2023

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Kayu, Bonus Tips Perawatannya

 

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Kayu, Bonus Tips Perawatannya

Pada saat Anda akan membangun atau merenovasi rumah, memilih plafon yang tepat adalah hal yang wajib untuk Anda pertimbangkan. Salah satu jenis plafon yang akhir-akhir ini sedang populer adalah plafon kayu, yang bisa Anda jadikan salah satu alternatif.



Bagi Anda yang penasaran tentang plafon kayu namanya apa, maka perlu Anda ketahui jika namanya adalah lamber. Berikut hal yang perlu ketahui tentang salah satu jenis plafon ini, mulai dari kelebihan, kekurangan, dan juga tips untuk merawatnya!

Kelebihan Plafon yang Terbuat dari Kayu

Pada dasarnya, plafon atau langit-langit adalah salah satu bagian yang paling penting di dalam suatu bangunan. Itu kenapa sangat wajar jika Anda ingin tahu tentang plafon bagus pakai apa dan apa saja kekurangan serta kelebihan dari plafon tersebut. 

Karena itu, perlu Anda ketahui jika salah satu plafon bagus yang bisa menambah nilai estetika rumah Anda adalah plafon yang terbuat dari kayu. Pada umumnya, kayu yang digunakan adalah kayu jati, meskipun tidak menutup kemungkinan ada kayu lain.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari salah satu jenis plafon yang satu ini!

1. Memberi Nuansa Unik dan Menarik

Secara garis besar, kelebihan plafon kayu yang paling utama adalah memberikan nuansa unik dan menarik bagi rumah Anda. Terutama jika Anda memang ingin mengusung konsep naturalis, vintage, dan konsep yang berkaitan dengan tema kayu yang lain.

2. Dapat Meredam Suara dan Membuat Suhu Ruangan Lebih Stabil



Selain itu, plafon yang terbuat dari kayu memang bisa meredam suara dan membuat suhu ruangan lebih stabil. Itu kenapa ada banyak orang yang tertarik untuk memakai jenis plafon yang satu ini baik untuk ruang keluarga, ruang tamu, bahkan hingga di kamar tidur.

Kekurangan Plafon yang Terbuat dari Kayu

Hanya saja, selain kelebihan, ada juga beberapa kekurangan plafon kayu, yaitu seperti berikut!

1. Kurang Awet Jika Tidak Dirawat dengan Baik

Karena terbuat dari kayu yang berasal dari alam, plafon yang satu ini memang cenderung lebih mudah rusak daripada plafon buatan seperti PVC atau GRC. Terlebih, jika Anda tidak merawat plafon tersebut dengan benar. Plafon ini juga lebih mudah terbakar.

2. Memiliki Harga yang Cenderung Lebih Mahal dari Jenis Plafon Lain

Selain itu, harga plafon yang terbuat dari kayu juga cenderung lebih mahal jika Anda bandingkan dengan jenis plafon yang lain. Pada umumnya, Anda perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp200.000 untuk satu kayu dengan panjang sekitar 60 cm hingga 180 cm. 

Tips Merawat Plafon yang Terbuat dari Kayu

Lalu, tahukah Anda jika plafon yang terbilang dari kayu bisa tahan lama, bahkan hingga puluhan tahun, jika Anda memang merawatnya dengan benar? Itu kenapa Anda harus tahu bagaimana cara merawat plafon yang terbuat dari kayu agar lebih awet.

Pada dasarnya, masalah utama yang ada pada plafon yang terbuat dari kayu adalah jamur. Itu kenapa Anda harus rutin membersihkan plafon dengan cara yang tepat agar jamur tersebut tidak muncul. 

Karena itu, Anda bisa membersihkan plafon tersebut dengan cairan yang tidak terlalu keras. Memakai air bersih saja pun cukup, agar plafon tidak melepuh karena kandungan cairan yang tidak cocok dengan kayu.

Kemudian, pastikan Anda mengelap ulang plafon dengan handuk atau kain bersih hingga kering agar plafon tersebut tidak mudah lapuk.

Penutup

Itulah segala hal yang perlu Anda ketahui tentang plafon kayu, mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga tips merawatnya!

Tags :

bm

Jakarta Parquet

Pusat Lantai kayu

Grosir lantai kayu Parquet, Flooring, Decking, Lambersiring, Lantai Vinyl, Papan lantai, Laminate, Profesional dan berpengalaman.

  • Jakarta Parquet
  • Jl Rajawali Barat, No. 39 Bandung
  • rajawaliparquet@gmail.com
  • +6222 6078505

Posting Komentar