Kamis, 10 Agustus 2023

Jenis Decking Kayu Terbaik dan Harganya

Jenis Decking Kayu Terbaik dan Harganya

Tidak hanya tampilan lantai di dalam ruangan yang perlu diperhatikan, tetapi juga bagian luar ruangan juga perlu menambah nilai estetika. Salah satunya dengan menggunakan decking kayu. Jika menggunakannya, akan terlihat kesan alami dan indah sehingga bisa dijadikan inspirasi.

Decking dari kayu ini biasa difungsikan untuk penutup lantai. Banyak juga orang menyebutnya dengan lantai kayu outdoor karena letaknya di luar ruangan seperti teras, pagar halaman, sampai tepian kolam renang. Lalu, seperti apa manfaat dan jenis kayu untuk decking outdoor?

Manfaat Decking Kayu

Biasanya, orang sangat paham bahwa decking kayu ini dipakai untuk penutup lantai. Namun, jika menilik lebih dalam, ada berbagai fungsi decking lantai yang perlu diketahui, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Gazebo

Gazebo adalah bangunan yang digunakan untuk bersantai dan duduk-duduk serta  ditempatkan di area terbuka. Gazebo ini ada di outdoor sehingga perlu memilih bahan terbaik untuk tahan terhadap cuaca dan kondisi luar.

Jadi, penggunaan decking kayu ini bisa menjadi pilihan terbaik karena kayu punya kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Selain itu, penggunaan dari decking untuk kayu di gazebo akan lebih memperindah tampilan eksterior rumah Anda.

2. Sebagai Pagar


Selain digunakan sebagai gazebo, decking dari kayu bisa dimanfaatkan sebagai pagar. Jadi, tidak hanya untuk lantai semata, Anda bisa mempercantik halaman dengan membuat pagar dari kayu ini sehingga akan tampak lebih alami dan asri.

Ini bisa menjadi alternatif terbaik selain menggunakan pagar yang terbuat dari besi dan alumunium. Penggunaan lantai kayu ini akan membuat tampilan lebih estetis dan Anda tidak perlu khawatir dengan keawetannya karena ada jenis kayu yang kuat dan tahan lama.

Untuk itu, Anda perlu memilih beberapa jenis kayu yang terbaik untuk digunakan sebagai lantai kayu outdoor atau decking. Penting juga memahami kisaran harganya juga agar bisa diprediksi dengan baik.

Jenis Kayu Untuk Decking Beserta Harganya

Berikut ini adalah jenis kayu decking yang cocok dipilih untuk Anda:

1. Kayu Bengkirai

Rekomendasi pertama yaitu dari kayu bengkirai yang memiliki kemudahan dalam pengolahannya karena bisa dibentuk dan diukir dengan mudah. Teksturnya cenderung kasar. Berwarna kuning kecoklatan.

Jenis ini terbilang lebih murah dibandingkan kayu lainnya yaitu sekitar Rp380 ribu tiap meter perseginya.

2. Kayu Merbau

Jenis berikutnya adalah kayu merbau yang memiliki kualitas nomor 1 dengan sifat yaitu tahan terhadap segala cuaca dan memiliki sifat anti rayap dan jamur. Biasanya, kayu merbau ini menjadi pilihan tepat untuk dijadikan lantai teras.

Adapun untuk harganya sekitar Rp450 ribu per m2. Jika ingin menggunakan jenis kayu ini, maka perlu diletakkan jauh dari air. Pasalnya, kayu merbau punya kelemahan yaitu akan mengeluarkan warna merah dari getahnya apabila terus terkena air.

Jadi, hal ini akan menurunkan nilai estetika dari corak kayu aslinya.

3. Kayu Ulin

Terakhir, adalah kayu ulin atau dikenal juga dengan kayu besi. Kualitas bahannya sudah teruji dengan baik sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan decking outdoor.

Kelebihannya, semakin terkena air, maka kayu ini akan terlihat semakin padat dan memiliki tampilan yang bagus.

Jadi, akan sangat cocok dipakai untuk penutup lantai di kolam renang.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap tentang decking kayu yang bisa Anda pertimbangkan untuk mempercantik eksterior. Anda bisa menggunakan beberapa jenis kayu yang berkualitas seperti yang dicantumkan di atas.

Tags :

bm

Jakarta Parquet

Pusat Lantai kayu

Grosir lantai kayu Parquet, Flooring, Decking, Lambersiring, Lantai Vinyl, Papan lantai, Laminate, Profesional dan berpengalaman.

  • Jakarta Parquet
  • Jl Rajawali Barat, No. 39 Bandung
  • rajawaliparquet@gmail.com
  • +6222 6078505

Posting Komentar